Rabu, 06 April 2016

Reportase sketsa...,

Seperti biasa,
Maret menjadi momen rutin urus perpanjangan STNK. Gak bisa lagi melalui peron One Stop In, yang merupakan pengelolaan pihak PolDa. Sebab kini tiba jatah pengurusan alih kurun 5 tahunan. Cukup ringkas proses berjalan secara juglak aturan. Dari bayar berkas administrasi... esek-esek alias gosok nomer mesin dan rangka motor. Beralih serah berkas di meja resepsi. Dilayani cukup baik oleh 2 ibu berjilbab. Melengkapi tulisan dan paraf di beberapa kolom isian Tanpa sama sekali melibatkan tangan kita untuk bekerja. Selanjutnya pindah loket lain. Bayar asuransi kurun setahun dinas Jasa Raharja. Mestinya ini sih jadi gak wajib. Hanya porsi kerelaan saja.

Mesti pulang Ampenan lagi. Maklum sudah rada siang. Sedari tadi sudah boyong Fathir yang masih lengkap seragam sekolah-nya. Amunisi pembayaran kurang akibat kurang jeli. Saya pikir STNK jatah per-alih tahun. Belom lagi Fathir merengek minta beli jajan. Hihi.. sementara makan siang rumah saja ya. Urusan ini belum kelar. Hinggap sebentar di rumah, langsung ngebut, pigi NyamSat.
Tapi kali ini gak lupa bekal perangkat sketsa. Biar gak plonga-plongo menunggu jadwal gilir antrian panggil. Cukup versi monokrom mengandalkan charcoal. Obyek persis depan kursi duduk. Ternyata gak pake lama. Saya berjatah nomer panggil 186.. justru yang di panggil 189. Saya-pun gegas konfrontasi.. "ehm, maap masbro.. barusan saya memang sebentar pulang, apa panggilan terlewat yah?" Dilalah peserta antri lain juga protes. Mereka sudah ndeprok sedari tadi di kursi belum juga dipanggil. Hebohnya, nomer urut-nya lebih awal dibawah saya. 

Tampak satu bapak dengan baju atribut dinas kebakaran ikutan menyeruak ke loket bayar. "Nih, nomer saya 185 kog juga blom dipanggil?". Badane gempal.. seragam nyesek sesuai bentuk postur tubuh, full press-body! Si staf dinas kebakaran...yang terlihat mulai kebakaran jenggot! meski dagu bersih tanpa rupa jumput bebulu. Rupanya ketidak wajaran nomer urut panggil sudah menyulut rasa ketidak adilan. Bahkan si ibu duduk di samping kiri depan celetuk "Nih, nomer saja malah 184! Gimana seeeeh...?"
Rupanya prediksi saya gak sesuai praduga sebelumnya. Antrian bakal lama. Setidaknya ada kans ambil beberapa angle lain selama ndekam sana. Tibak-nya gak loh! Usai itu kudu beringsut hengkang. Toh sejenak pengamatan, merambah lewat siang pengunjung instansi ini sudah berkurang. Ya sudahlah.. single picture-pun cukup berarti.
 




Tidak ada komentar: